Cara Memasang Translate Bendera Lengkap 60 Negara -->

Cara Memasang Translate Bendera Lengkap 60 Negara

17 October 2012

Dalam tutorial sebelumnya penulis telah membahas bagaimana memasang translate bendera di blogger. Pada kesempatan ini penulis akan coba membahas google translate lain yang berasal dari http://gtranslate.net. Google translate ini ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, penulis akan menggunakan versi gratis dalam tutorial ini. Untuk memasangnya pada web atau blog, kita harus mengambil kode html pada http://gtranslate.net , dan tampilannya sebagai berikut:


Google translate ini dapat digunakan pada beberapa Platform, yakni Joomla, WordPress, Drupal, Magento maupun HTML umum. Silahkan pilih Platform yang akan Anda gunakan, misalnya General HTML lalu klik get it d seperti tampak pada gambar berikut:


Tampak pada gambar bahwa ada 3 pilihan versi google translate. Jika Anda memilih versi gratis, silahkan klik download pada kolom gratis, dan akan tampak seperti gambar berikut:


Sebelum kita menyalin kode HTML Widget seperti pada gambar di atas, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui bahwa google translate di atas dapat digunakan pada:
Joomla, dapat digunakan pada versi 1.0; 1,5; 1,6; 1,7; dan joomla versi 2.5. Untuk mengunduhnya klik pada Menu Joomla, dan Anda akan melihat gambar berikut:

Silahkan pilih modul google translate yang sesuai dengan versi Joomla yang anda gunakan dan unduh pada komputer Anda.
WordPress, dapat digunakan pada versi 2 dan 3. Untuk mengunduhnya klik pada Menu WordPress, akan tampak seperti gambar berikut:
Selain pada Joomla dan WordPress, google translate ini dapat juga digunakan pada Drupal dan Magento, serta HTML (untuk website secara umum).
Sekarang kita kembali pada versi General HTML, lihat kembali gambar berikut: 
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk versi General HTML ini, di antaranya:
  1. Translation Method, yaitu metode terjemahan. Ada 2 pilihan yaitu Redirect (Arahan) dan Google Defaulth (Standar dari google). Jika Anda memilih Redirect, maka google translate memperlihatkan bendera dan jika memilih google default, maka gambar bendera tidak ada.
  2. Default Language, adalah bahasa tetapan atau standar bahasa yang anda gunakan pada website Anda. Jika website/blog Anda menggunakan Bahasa Indonesia, maka Pilih Indonesian sebagai default language.
  3. Open in New window, maksudnya jika Anda memilih ini, maka setiap terjemahan akan ditampilkan pada jendela baru browser, jika tidak memilihnya, maka terjemahan akan ditampilkan pada jendela yang sama saat pengunjung membuka website Anda.
  4. Analytics. Jika analytics dipilih, maka informasi pengunjung website Anda dan aktivitas pengguna dengan google analytic juga tersedia.
  5. Operate with, maksudnya anda memilih versi mana, yang gratis atau yang berbayar.
  6. Show Flag, menampilkan bendera pada google translate.
  7. Flag Size, yakni ukuran gambar bendera
  8. Flag language, yakni tambahan bendera untuk google translate yang akan gunakan. Bendera tambahan yang tersedia adalah Bahasa Afrika (Afrikaans), Bahasa Albania (Albanian), Bahasa Arab (Arabic), dan lain-lain.
  9. Add new line, maksudnya jika Anda memilihnya maka bendera dan drop-down list box google translate (Select Language) akan ditempatkan pada baris yang berbeda, jika tidak maka akan ditempatkan sejajar.
  10. Show dropdown, maksudnya jika anda tidak memilihnya, maka dropdown box select language tidak akan ditampilkan, yang ditampilkan hanya bendera saja.
  11. Dropdown languages, adalah daftar bahasa yang akan ditempatkan dalam Dropdown box select language.
Pilihan penulis adalah seperti pada gambar berikut:

Langkah selanjutnya, kita tinggal menyalin semua kode HTML (widget code) lalu kita tempelkan (paste) ke dalam web/blog Anda. Cara memasang google translate, lihat bagian bawah artikel sebelumnya.
Demikian Tutorial Cara Memasang Translate Bendera Lengkap 40 Negara. dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.